Fond JAPEN 1 - Kantor Wilayah Departemen Penerangan Provinsi Jawa Timur Kelompok Pemerintahan dan Politik (Buku 1)

Original Objek Digital not accessible

Bagian identitas

Kode referensi

ID 23500-4 JAPEN 1

Judul

Kantor Wilayah Departemen Penerangan Provinsi Jawa Timur Kelompok Pemerintahan dan Politik (Buku 1)

Tanggal

  • 1950 - 1969 (Akumulasi)

Tingkatan deskripsi

Fond

Jumlah dan media

1940 foto negatif

Bagian konteks

Nama pencipta arsip

Riwayat kearsipan

Pada tahun 1998 terjadi perubahan kondisi Bangsa dan Negara Indonesia yaitu berakhirnya pemerintahan Orde Baru beralih ke masa Reformasi. Dengan perubahan ini juga terjadi tututan terhadap perubahan aparatur Negara, salah
xiv 
 
satunya adalah dihapusnya Departemen Sosial dan Departemen Penerangan beserta kantor – kantor wilayahnya didaerah. Dengan berakhirnya masa pemerintahan Orde Baru mendasari Arsip Nasional RI Jakarta menyusun Program Akuisisi Nasional arsip Orde Baru. Menindak lanjuti program tersebut Arsip Nasional RI Wilayah Jawa Timur melakukan akuisisi arsip – arsip badan/lembaga/instansi vertical yang berada di Jawa Timur termasuk arsip Kantor Wilayah Departemen Penerangan Jawa Timur. Arsip arsip yang diakuisisi ke Arsip Nasional RI wilayah Jawa Timur meliputi arsip tekstual, foto, video dan film. Pada tahun 2006-2007 sudah dilakukan pengolahan arsip foto negatif ini, namun ada perbedaan persepsi dalam penggunaan prinsip pengolahan, sehinga menjadi salah dalam pengolahan arsipnya. Akhirnya pada tahun 2016 dilakukan (rekonstruksi ulang) dengan harapan akan memperkaya informasi dan mempermudah dalam penemuan kembali. Dalam pengolahan arsip foto (positif dan negatif) ada beberapa standar dan kaidahkaidah yang harus diterapkan dan digunakan, salah satunya adalah “original order/susunan asli” yang mana tujuan dari prinsip tersebut adalah untuk menjamin kesatuan berkas orisinal. Dalam pengolahan dan rekonstruksi arsip foto negatif ini kami berusaha melengkapi informasi-informasi yang baru, baik dari buku-buku referensi/literratur maupun situs
xv 
 
situs tertentu yang bisa kami jadikan acuan seperti wikipedia, contohnya untuk membandingkan profil wajah foto gubernur samadikun dengan yang ada di negatif foto.

 Salah satu situs referensi sebagai pembanding untuk identifkasi foto

Adapun langkah –langkah yang di gunakan adalah seperti melakukan scan negatif foto / mengamati dengan kaca pembesar, selanjutnya membuat deskripsinya. Jadi tidak hanya menuliskan / membuat deskripsi dalam inventaris menjadi :

  1. Peringatan ulang tahun kemerdekaan Negara India di Gedung Negara Grahadi sebanyak 30 ekspose/foto” 2. Kunjungan Presiden Soekarno ke Surabaya Tahun 1952 ke Surabaya sebanyak 70 ekspose/foto” Namun kami mencoba melengkapi informasinya sesuai prinsip original order, menjadi :
  2. Peringatan ulang tahun kemerdekaan Negara India di Gedung Negara Grahadi, tampak dalam foto Gubernur Samadikoen sedang Toast bersama wakil/atase India ...... 2. Presiden Soekarno sedang melakukan pengguntingan pita pada acara peresmian Tugu Pahlawan,.. dst... dst. 3. Presiden Soekarno sedang sedang memberikan sambutan / wejangan kepada rakyat surabaya de depan gedung negara grahadi.. dst... dst... Dengan harapan kami bisa menyajikan informasi selengkap-lengkapnya, sehinga arsip foto tersebut bisa bercerita dan menyajikan informasi yang lebih bukan hanya menjadi selembar foto yang mati.

Sumber akuisisi atau penyerahan langsung

Bagian isi dan struktur

Cakupan dan isi

PEMERINTAHAN, KUNJUNGAN DALAM NEGERI, KUNJUNGAN LUAR NEGERI, KEDUTAAN, MISI, PERISTIWA PENTING, LAIN-LAIN

Penilaian, pemusnahan dan jadwal retensi arsip

Akrual

Sistem penataan

Bagian ketentuan akses dan penggunaan

Ketentuan akses

terbuka

Ketentuan reproduksi

Bahasa bahan arsip

  • Bahasa Indonesia

Tulisan bahan arsip

Informasi mengenai Bahasa dan Tulisan

Karakteristik fisik dan persyaratan teknis

Berbentuk negatif foto

Sarana temu balik

Daftar Arsip Foto

Bagian bahan-bahan terkait

Keberadaan dan lokasi arsip asli

keberadaan arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

Keberadaan dan lokasi kopi arsip

Unit deskripsi terkait

Deskripsi terkait

Bagian catatan

Kode unik alternatif

Jalur akses

Nama jalur akses

Jenis jalur akses

Bagian kontrol deskripsi

Kode unik deskripsi

Kode unik lembaga

Aturan dan/atau konvensi yang digunakan

Status

Final

Tingkat kedetilan

Sebagian

Tanggal penciptaan revisi pemusnahan

Bahasa

Tulisan

Sumber

Bagian hak Objek Digital (Master)

Bagian hak Objek Digital (Referensi)

Bagian hak Objek Digital (Gambar kecil)

Bagian akuisisi